Penilaian Sumatif dan Uji Coba Rancangan Pembelajaran

Penilaian Sumatif.
Penilaian sumatif ini diadakan untuk mengukur daya serap siswa terhadap bahan pokok bahasan yang telah diajarkan selama satu semester atau pada akhir program pengajaran,yang diukur oleh angka-angka keberhasilan tiap program atau pembelajaran tertentu. Tes sumatif bertujuan untuk menetapkan tingkat atau taraf keberhasilan belajar siswa dalam satu periode belajar tertentu. Hasil tes sumatif ini dimanfaatkan untuk kenaikan kelas, menyusun peringkat atau sebagai ukuran mutu sekolah itu sendiri.
Karena penilaian sumatif ini dilakukan untuk melihat hasil belajar dari suatu proses belajar mengajar yang berjangka panjang (pada akhir program pengajaran) maka fungsinya tidak lagi untuk memperbaiki pross belajar mengajar oleh setiap siswa. Aspek yang dinilai harus meliputi dari segi kognitif (pengetahuan), psikomotor (ketrampilan) dan segi afektif (sikap dan nilai). Seperti dijelaskan diatas penilaian sumatif dilaksanakan diakhir program pengajaran, ini berarti bahan pengajaran yang menjadi sasaran penilaian cukup luas dan banyak. Penyusunan soal-soal harus didasarkan atas tujuan-tujuan umum pengajaran yang ada dalam pengajaran, dan soalnya harus bersifat representatif atau mewakili setiap tujuan umum pengajaran yang ada dalam program pengajaran.

Pendekatan penilaian menitikberatkan pada kriteria multak dan norma relative. Pengolahan penilaian didasarkan pada  ukuran mutlak dan norma relative. Norma relative menggunakan penskalaan berdasarkan skor yang diperoleh, menghitung angka rata-rata, menghitung standar deviasi dan mengubah skor kedalam skala penialian yang dikehendaki.
Setiap proses belajar mengajar selalu menghasilkan hasil belajar. Masalah yang dihadapi adalah sampai ditingkat mana prestasi (hasil) belajar telah dicapai. Sehubungan dengan hal ini keberhasilan proses belajar mengajar dibagi atas beberapa tingkatan atau taraf. Tingkatan keberhasilan tersebut adalah:

  1.  Istimewa atau maksimal : apabila seluruh bahan pelajaran yang diajarkan itu dapat     dikuasai    oleh siswa.
  2.  Baik sekali atau optimal : apabila sebagaian besar (76%-99%) bahan pelajaran yang diajarkan dapat dikuasai oleh siswa.
  3.  Baik atau minimal : apabila pelajaran yang diajarkan hanya 60%-75 % saja dikuasai oleh siswa.
  4. Kurang : apabila pelajaran yang diajarkan kurang dari 60 % dikuasai oleh siswa.

Data format daya serap siswa dalam pengajaran dan persentase keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan intruksional khusus tersebut, dapatlah diketahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa.
Penilaian sumatif lebih banyak ditujukan kepada kepentingan siswa. Artinya, digunakan untuk menetapkan keberhasilan siswa dalam menguasai tujuan instruksional atau tujuan kurikuler. Hasil penilaian sumatif tidak bisa digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar secara langsung. Misalnya; apabila hasil belajar yang dicapai siswa pada akhir semester banyak mengalami kegagalan, tidak mungkin guru mengulang kembali pengajaran untuk semester yang bersangkutan. Kalaupun mau memperbaiki, terbatas pada bahan atau materi yang akan diberikan pada semester berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA

A. Tafsir, dkk, “Pengembangan Wawasan Profesi Guru”,Fakultas Tarbiyah UIN, Bandung: 2009.

E. Mulyasa, “Menjadi Guru Profesional”, Rosdakarya: Bandung, 2010

H. Afifuddin, Irfan Ahmad, “Perencanaan Pembelajaran”  Fakultas Tarbiyah UIN,Bandung: 2011.

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2238156-penilaian-dan-tingkat-keberhasilan-proses/#ixzz1iJg9lH1R

Ramayulis, “Filsafat Pendidikan Islam”, Kalam Mulia, Jakarta: 2010.

Rusman, “Model-Model Pembelajaran”, Rajawali Pers, Jakarta: 2011.

Sudrajat Akhmad.. “Tujuan pembelajaran sebagai komponen penting

dalam pembelajaran”, 2009  Diakses dari Let’s talk about education,

tanggal 10  november 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s